SELAMAT DATANG DI BLOG KOMUNIKASI DAN INFORMASI DPP LDII KAB. SRAGEN JAWA TENGAH
Marsasasasa

Entri yang Diunggulkan

Delapan Bidang Karya LDII untuk Program Calon Presiden RI

Jakarta (22/9). Di moment Idul Adha 1439 H diantara pembagian daging kurban, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) LDII Ir. H. Prasetyo Suna...

Sabtu, 26 September 2015

Membumikan Tri Kerukunan Umat Beragama & Empat Pilar Kebangsaan Dalam Mensukseskan Greget Membangun Sukowati




MEMBUMIKAN TRI KERUKUNAN UMAT BERAGAMA & EMPAT PILAR KEBANGSAAN DALAM MENSUKSESKAN GREGET MEMBANGUN SUKOWATI

IPHI SRAGEN, (19/11/2014). Thema di atas merupakan pokok materi yang disampaikan oleh Kepala Badan Kesbangpolimas  Kabupaten Sragen, yang diwakili  oleh Nur Hadi, SH MM ( Kabid Kesbangpolimas), dalam rangka Pelatihan Da’i Da’iyah Lembaga Da’wah Islam Indonesia Kabupaten Sragen.

Karena Kepala Badan Kesbangpolimas Kab Sragen, tidak dapat datang, ada tugas di Kabupaten Wonogiri, dalam rangka kesiap siagaan menghadapi ancaman bencana banjir.  Pada kesempatan tersebut beliau, melaui Nur Hadi, SH,MM,  menekankan pentingnya Tri  Kerukunan Beragama, yaitu; pertama  kerukunan intern agama, jika ada persoalan agar dapat diselesaiakan di tingkat intern, agar tidak dimanfaatkan pihak lain yang tidak bertanggungjawab.  Kedua kerukunan antar umat beragama, di Sragen sudah ada lembaga  Forum Kerukunan antar Umat Beragama (FKUB), dimana Ketua LDII Sragen H. Sumarsono, SE, MM, sebagai pengurus FKUB, sehingga di bumi sukowati tidak akan timbul persoalan tentang antar umat beragama karena sudah ada wadahnya. Ketiga kerukunan agama dengan pemerintah,  jadi kalau  ada lembaga atau ormas keagamaan kurang percaya pada pemerintah, sebaiknya didiskusikan dulu, lalu dibuat surat, selanjutnya dibawa ke forum kerukunan antar umat beragama, lalu dibawa ke pemerintah, untuk dicarikan solusi sebaik-baiknya, istilahnya agar bumi sukowati tenang, tentram, damai, tidak ada permasalahan yang timbul, bisa saling menjalankan ibadah sesuai keyakinan masing-masing.
Dalam kita berbangsa Indonesia, sebagai bangsa yang merdeka, kita harus bisa memahami, apa itu 4 pilar kebangsaan, yaitu : Pertama Pancasila, kita sudah paham sila pertama adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, jadi semua warga Negara Indonesia punya agama. Kedua Undang Undang Dasar 1945, dimana di pembukaan, telah disebutkan bahwa kita telah merdeka, kita wajib menjaga kerukunan & keamanan.  Ketiga NKRI, kita terutama Da’i Da’iyah bisa memperkuatnya, dalam lingkup Sragen, harapan Bupati Sragen, agar dai daiyah LDII bisa menyumbang, mensukseskan Greget Mbangun Sukowati lebih maju, damai, sejahtera lahir, batin.  Keempat Bhinneka Tunggal Ika, dengan beragamanya organisasi, walaupun berbeda-beda, bisa menjaga kerukunan, terutama di Bumi sukowati. Diakhir penyampaian materi  harapan dari Kesbangpolimas Sragen , agar  tahun  yang akan datang LDII bisa lebih besar lagi  mengadakan kegiatan peningkatan kapasitas Da’i Da’iyah dalam membangun jiwa sumberdaya manusia di Sragen memperkuat program Bupati Sragen Greget Mbangun Sukowati,  menyebar luas kemanfaatnya membangun jiwa (bathin).
Training ini dilaksanakan berdasarkan hasil Munas LDII ke-VII, Program kerja 2014 DPD LDII Sragen, rapat pleno DPD LDII Sragen & hasil kordinasi dengan Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sragen. Jumlah peserta sebanyak 175 orang terdiri dari 140 orang perwakilan PAC LDII, 20 orang perwakilan PC LDII dan 15 orang pengurus DPD LDII Sragen. Pendanaan dari Kas DPD LDII Sragen, donator & Pemda Kab. Sragen. Tujuanya yaitu membentuk Da’i, Da’iyah yang profesional religious, mewujudkan lembaga dakwah yang professional, memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan mental spiritual di Sragen dalam rangka mensukseskan program Pemkab Sragen Greget Mbangun Sukowati”, demikian penjelasan Ketua Panitia H. Daliyono, SH ( Wakil Ketua DPD LDII Sragen).
H. Sumarsono, SE, MM ( Ketua LDII Sragen), menjelaskan, saat ini sudah terbentuk kepengurusan di 20 Kecamatan atau Pimpinan Cabang & kepengurusan di 174 Desa atau Pimpinan Anak Cabang (PAC). Mengelola 2 Pondok Pesantren , yaitu Ponpes An Nur yang berada di Barat Rumah Sakit Umum & Ponpos Budi Luhur di Gronong, Desa Sidodadi, Kec. Masaran. Hadist yang sudah dikaji yaitu Shohih Bukhori, Shohih Muslim, Sunan At Tirmidzi, & Sekarang baru mengatamkan Sunan Ibni Majah jilid 3. (@nton Nov 2014)